Menuju Akreditasi Internasional, UMBY Perkuat Kurikulum dan RPS berbasis OBE

BANTUL, KRJOGJA.com – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menargetkan universitasnya lolos tahapan akreditasi internasional. Maka dari itu hal yang harus dipersiapkan yakni memperkuat kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang implementasinya berbasis Outcome Based Education (OBE). Adapun acara dilaksanakan melalui zoom meeting, Rabu (31/3/2021).

Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M berharap supaya kurikulum dalam RPS sejalan dengan visi misi universitas, dengan Outcome Based Education (OBE), sejalan dengan upaya UMBY menuju ke akreditasi internsional, dan program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM).

“Kita ingin September sudah bisa menggunakan kurikulum ini. Tidak hanya untuk merdeka belajar di kampus merdeka tapi mengarah ke akreditasi program studi yang internasional, OBE akan menjadi sentralnya,” tuturnya.

Ketua Panitia yang juga moderator Webinar Kurikulum dan RPS berbasis OBE, Awan Santosa SE MSc, menambahkan tujuan diadakan webinar sebagai ajang untuk validasi rancangan kurikulum berbasis OBE dan MBKM yang disusun oleh prodi-prodi di UMBY berdasarkan paparan ahli OBE, bagaimana lulusan yang dihasilkan Perguruan Tinggi apakah sesuai dengan Learning Outcome atau capaian pembelajaran lulusannya itu apakah sudah sesuai.

“Webinar ini khusus untuk menyiapkan supaya kurikulum yang sudah kita rancang atau desain dipastikan bisa sesuai dengan kebutuhan yang ada di OBE, termasuk juga RPS supaya memastikan bagaimana pelaksanaan pembelajarannya, evaluasinya atau assesmentnya yang sejalan dengan OBS,” tuturnya.

Adapun target OBE dan MBKM dapat terimplementasi penuh pada Agustus 2021. ”Harapannya lahir suatu kurikulum yang sebetulnya bukan hanya berbasis OBE, tapi juga berbasis merdeka belajar, kampus merdeka, kemudian sejalan dengan akreditasi internasional dan seleras dengan visi baru UMBY, menjadi universitas yang unggul dibidang sociopreneur ditingkat nasional,” imbuhnya.

Pembicara Webinar, Dr Harnovinsah Syahrizal SE Ak MSi CA CIPSAS CMA CSRS yakni Dekan Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Jakarta (UMB Jakarta) memberi materi pelatihan terkait bagaimana cara memahami konsep OBE, proses menyusun kurikulum OBE, cara menyusun Learning Outcomes (PLO, CLO, LLO) dan Praktek menyusun RPS Matakuliah. (Aje)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *