Mahasiswa Pendidikan Matematika Angkatan Akhir Ikuti Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi (LSP)

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta sukses mengadakan sosialisasi mengenai Sertifikasi Uji Kompetensi yang telah dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting pada Senin, 19 April 2021.

Sosialisasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang dinarasumberi oleh Astri Wulandari, M.A selaku Ketua LSP UMBY serta dimoderatori oleh Rosalia Prismarini, M.A selaku Ketua Bidang Sertifikasi LSP UMBY dihadiri oleh 198 pesera Zoom Meeting yang terdiri dari Dewan Pengarah, Pengurus LSP, Anggota BNSP, Asesor Kompetensi, serta mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

LSP UMBY merupakan unit terakhir dari Universitas yang memfasilitasi Uji Kompetensi Sertifikasi.

“LSP ada untuk memfasilitasi Uji Kompetensi. Disamping itu, LSP UMBY merupakan unit terakhir dari Universitas yang memastikan apakah mahasiswa sudah kompeten selama menjalani perkuliahan kurang lebih 8 semester. Bisa dikatakan juga sebagai senjata untuk dinyatakan qualified, sehingga harapannya dapat selangkah lebih maju dengan pesaing kerja yang belum memiliki sertifikat uji kompetensi,” tutur Astri Wulandari, M.A.

LSP UMBY resmi menerima Serifikat Lisensi LSP-P1 oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pada tanggal 30 Sepember 2020. Ada 14 Skema Sertifikasi yang dimiliki LSP UMBY, yakni: Inspektor Organik Tanaman, Penilaian Keamanan Pangan, Level VI Pada Kompetensi Keahlian Akuntansi, Human Resource Supervisor, Instruktur Senior, Asisten Produser Program TV, Ahli Periklanan, Desain Grafis Junior, Media Relation Officer, Penyutradaraan Televisi, Public Relation Coordinator, Video Editing, Data Warehouse Manager dan Pemrogram.

Universitas Mercu Buana Yogyakarta menerapkan Outcome Based Education (OBE) dimana capaian pembelajaran (Expected Learning Outcomes) menjadi dasar dalam mendesain struktur mata kuliah, bahan kajian, metode pembelajaran, metode penilaian, instrumen penilaian, kompetensi dosen pengampu mata kuliah, sarana prasarana, kerjasama dengan industri dan produk yang dihasilkan dari lulusan yang sesuai dengan SKKNI/KKNI.

Uji Kompetensi LSP UMBY bersifat wajib bagi mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hal ini juga diberlakukan wajib sebagai syarat bagi mahasiswa yang akan menjalani Yudisium pada periode Mei dan Agustus 2021, sehingga selanjutnya sertifikat uji kompetensi ini akan menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Ketua LSP UMBY lebih lanjut menuturkan jika Sertifikat Kompetensi BNSP berlaku di negara-negara ASEAN.
“Serifikat Kompetensi ini dapat berlaku di negara-negara ASEAN. Namun bukan berarti tidak dapat menunjang untuk bekerja di luar negara ASEAN. Karena jika di negara sendiri sudah terkualifikasi dan berlaku juga di negara ASEAN, pastinya Sertifikat Kompetensi ini akan dapat menjadi sebuah pertimbangan juga untuk bekerja di taraf Internasional atau di luar ASEAN,” jelas Astri dalam sesi tanya jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *