Teknologi Pembelajaran

Prodi Pendidikan Matematika UMBY Gelar Kuliah Tamu Augmented Reality Berasama Pakar dari UPGRIS

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta berkunjung ke Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Teknologi Informasi (FPMIPATI), Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) pada hari Selasa, 4 Juli 2023. Kegiatan kunjungan dilakukan oleh 22 mahasiswa yang mengambil konsentrasi Teknologi Pembelajaran Matematika didampingi oleh 8 dosen Pendidikan Matematika.

Kunjungan ke Universitas PGRI Semarang bertujuan untuk membelajarkan mahasiswa yang mengambil konsentrasi Teknologi Pembelajaran Matematika dengan pakar dari Universitas PGRI Semaranang yaitu Dr. Achmad Buchori, M.Pd. Pada kunjungan ini, beliau memaparkan salah satu teknologi yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika yaitu Augmented Reality. AR (augmented reality) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara realitas dalam waktu nyata. Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur maupun dunia pendidikan. Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus.

“Prodi Pendidikan Matematika telah memetakan konsentrasi unggulan prodi yaitu multimedia pembelajaran mengarah pada pemanfaatan AR maupun VR (Virtual Reality). Adanya kuliah pakar dari Universitas PGRI Semarang ini sangat relevan dengan target yang prodi tetapkan sehingga melalui kuliah pakar ini mahasiswa diharapkan dapat menyesuaikan perkembangan zaman melalui pembuatan media pembelajaran maupun riset berkaitan dengan penggunaan AR”. Ungkap Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. selaku Kaprodi Pendidikan Matematika.

Kegiatan yang merupakan implementasi aktivitas Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diraih oleh Prodi Pendidikan Matematika UMBY ini juga dilanjutkan dengan kuliah pakar dari internal prodi yaitu Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd. dengan mengusung tema Etnomatematika. Sehingga pada kuliah pakar yang dilaksanakan di Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang ini juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa Pendidikan Matematika, UPGRIS baik luring maupun daring serta dosen FPMIPATI UPGRIS.

“Kunjungan dari Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mercu Buana Yogyakarta dikampus ini kami Terima dengan baik. Selain sebagai implementasi MoA yang telah dilakukan juga sebagai ajang untuk saling belajar bersama pada keunggulan di tiap prodi. Prodi Pendidikan matematika kami juga sekaligus belajar untuk dapat meraih akreditasi Unggul yang telah diraih oleh Pendidikan Matematika UMBY. Harapannya kedepan implementasi MoA bukan hanya visiting lecturer tetapi juga kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antar prodi di tahun depan” Ungkap Dr. Prayito, M.Pd. Kaprodi Pendidikan Matematika UPGRIS.

Diakhir sesi Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd. yang menjadi narasumber kuliah pakar sekaligus Dekan FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta berharap bahwa setelahnya Pendidikan Matematika UPGRIS dapat berkunjung ke UMBY serta mengimplementasikan MoA dengan berbagai sinergitas kegiatan yang positif untuk kemajuan bersama.