Prodi Matematika UMBY Raih Akreditasi Unggul, Mahasiswa Berprestasi di Level Internasional

Program Studi  S-1 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memperoleh akreditasi unggul berdasarkan SK Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan No 578/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2022. Status ini menjadi pembuktian kualitas dan prestasi Prodi Pendidikan Matematika dalam memajukan pendidikan dan menciptakan SDM yang unggul.

 

Rektor UMBY, Agus Slamet mengatakan, prestasi ini harus menjadi semangat untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  Melalui pelayanan yang maksimal, maka implementasi dari status Unggul bisa terealisasi dengan baik dan memberi manfaat.

“Pretasi ini harus menjadi semangat pada prodi-prodi lain agar bisa meraih akreditasi unggul, karena ssebagian besar sudah meraih akreditasi A,” katanya, Senin (14/11/2022).    Dekan FKIP UMBY, Nuryadi mengaku bersyukur atas capaian ini karena akreditasi A menjadi yang paling tinggi dalam sistem akreditasi saat ini. Untuk memperoleh predikat tersebut dibutuhkan syarat khusus serta waktu yang panjang dari semua civitas akademika di dalamnya. “Berkat kekompakan dan totalitas dari keluarga besar Prodi Pendidikan Matematika dan dukungan dari fakultas maupun universitas akhirnya kami berhasil meraih akreditasi unggul,” katanya.

Sementara itu, Kaprodi Pendidikan Matematika UMBY, Nafida Hetty Marhaeni menyatakan, salah satu faktor pendukung dalam meraih akreditasi unggul adalah banyaknya output dari mahasiswa di tingkat nasional dan internasional. Torehan prestasi ini menjadi kontradiksi dengan persepsi di masyarakat bahwa matematika adalah momok karena dianggap sebagai mata pelajaran yang susah, rumit dan membosankan. Sejumlah mahasiswa telah berprestasi dikancah internasional,  di antaranya menjadi pembicara seminar Multidiscipline International Conference bulan Februari 2022, International Conference on Education Innovation and Social Science pada Juni 2022, ASES: International Conference on Social Science pada 19-21 Agustus di Kayseri, Turki, dan ASES: International Conference Social Science pada 14-16 Oktober 2020 di Canakkale, Turki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *