Dosen Pendidikan Matematika Lolos Hibah RKDP I-MES

Indonesian Mathematics Educators Society (I-MES) atau Perhimpunan Pendidik Matematika Indonesia rutin menyelenggarakan program hibah Riset Kolaborasi Dosen Pemula (RKDP). Menurut Presiden I-MES Pusat, Dr H Heris Hendriana MPd, melalui program hibah RKPD tersebut, dosendosen di Indonesia diharapkan bisa membangun kerjasama penelitian antar perguruan tinggi.

“Selain itu dengan program hibah RKDP, diharapkan pula dapat meningkatkan kemampuan para peneliti, meningkatkan mutu penelitian dan jumlah publikasi ilmiah terakreditasi nasional dan internasional bereputasi,” paparnya, baru-baru ini.

Tak kalah penting, lanjut Heris, dengan program hibah RKDP akan bisa meningkatkan mutu dan kompetensi dosen/peneliti anggota I-MES. Termasuk pula sebagai upaya meningkatkan daya saing suatu lembaga.

“Bahkan bisa memberikan manfaat terhadap keberadaan organisasi profesi dosen dan guru Pendidikan Matematika di Indonesia,” jelas Heris.

Sementara itu Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Nafida Hetty Marhaeni MPd mengungkapkan, dua dosen Pendidikan Matematika UMBY berhasil meraih hibah RKDP.

“Pada batch 1,terdapat 5 judul yang lolos didanai, salah satunya yaitu dosen Pendidikan Matematika dari UMBY, Arie Purwanto, SPd MSc dengan mitra dosen dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,” ungkap Nafida.

Judul penelitian yang diajukan, yakni Analisis Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Sedangkan pada batch 2, dosen yang lolos raih hibah RKDP, yakni ia sendiri bermitra dengan dosen dari Universitas PGRI Yogyakarta dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Judul penelitian yang diajukan, yaitu Pengembangan Komik Matematika Elektronik untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa. Adapun peneliti lain yang lolos pada batch 2, yakni berasal dari IAIN Madura bermitra dengan Universitas Madura.

“Ada lagi dari Universitas Timor bermitra dengan Universitas Nusa Cendana, dan dua peneliti dari Universitas Malikussaleh bermitra dengan Universitas Syiah Kuala,” papar Nafida.

Masih menurutnya, pada tahun ini baik ia sendiri maupun Arie Purwanto juga mendapat amanah menjadi pengurus I-MES Wilayah DIY. Ia sebagai sekretaris dan Arie Purwanto sebagai anggota bidang kurikulum.

Peran aktif dosen Pendidikan Matematika UMBY pada organisasi profesi tersebut, ungkap Nafida, merupakan salah satu bentuk upaya program studi untuk mendorong dan meningkatkan relasi dengan dosen di perguruan tinggi lain.

“Sehingga dapat mengembangkan kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama dosen atau peneliti lain,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *