Dosen Pendidikan Matematika Menangkan Kompetisi Inovasi Media Pembelajaran di Kancah Internasional

Carnival of Research and Innovatioan (CRI) yang diselenggarakan oleh Universiti Malaysia Kelantan merupakan platform virtual bagi para inovator dari berbagai bidang dan disiplin ilmu untuk mempresentasikan inovasi mereka dan berbagi pengetahuan dan praktik terbaik dengan panel dari industri dan akademisi. Pada kompetisi CRI ini bidang yang diperlombakan adalah, pendidikan (Education), energy, business and financial service, culter arts and tourism, medical & healthcare, smart technology & Systems, smart cities & transportation, water & food, agriculture & forestry, dan environment & biodiversity.

Pada tahun kelima penyelenggaraan, CRI mengusung tema “Empowering Society Through Innovation and Entrepreneurship” dan ada 2 karya inovasi dosen Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengirimkan karyanya untuk diikutkan kompetisi tersebut. Dua karya dosen Pendidikan Matematika ini berjudul “Mathematical Cross-stitch Art Symbols” karya Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. sebagai ketua dan beranggotakan Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd. dan Nanang Khuzaini, S.Pd.Si., M.Pd. Karya keduanya adalah “The Puppet Ethnomathematics Application” karya Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd. sebagai ketua dan beranggotakan Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. dan Muhammad Irfan Rumasoreng, M.Pd. Dua karya inovasi media pembelajaran ini merupakan hasil produk penelitian yang didanai oleh Universitas Mercu Buana Yogyakarta pada tahun 2022.

Kegiatan CRI ini diselenggarakan secara hybrid pada hari Senin – Selasa, 29 – 30 Mei 2023. Pada pelaksanaan secara virtual dapat diakses pada platform Facebook Universiti Malaysia Kelantan (Resmi) dan YouTube UMKTV. Pada hari pertama berlangsung kegiatan seminar dengan 3 pembicara dari UNIMAP, Prof. Dr. Mohd Mustafa Al Bakri Abdullah dengan tajuk Empowering Society Through Innovation and Entrepreneurhsip. Pembicara kedua adalah Dr. Mariam Firdhaus binti Mad Nordin, dari UTM dengan tajuk “Challenges and Opportunities in Transition to commercialization”. Dan pembicara ketiga adalah Puan Azlin binti Mohd Fahmi, MyIPO dengan tajuk “The Imposrtance of Intelelctual Property Registration.

Pada hari kedua, berlangsung pengumuman pemenang lomba CRI dimana 2 tim dosen Pendidikan Matematika memperoleh Bronze untuk karya “Mathematical Cross-stitch Art Symbols” dan Gold untuk karya “The Puppet Ethnomathematics Application”. Perolehan juara pada kompetisi ini menambah pencapaian prestasi bagi program studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

“Program studi Pendidikan Matematika UMBY telah terakreditasi Unggul (A) dan ini adalah salah satu bukti bahwa kami unggul dalam prestasi dosen yang dihasilkan. Kami juga tetap meningkatkan perolehan prestasi mahasiswa. Saya sangat mengapresiasi dosen-dosen kami yang produktif mengikuti kompetisi-kompetisi bergengi di kancah Internasional. Apalagi karya yang dihasilkan merupakan produk multimedia pembelajaran, dimana ini merupakan konsentrasi dan unggulan dari program studi kami. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya”. Ujar Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

*Pengumuman CRI 2023 dapat diakses pada link berikut https://tr.ee/ZqMWERZnie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *