Guru SMA Dharma Adiluruh diajari Membuat LKS Online

Saat ini sekolah sudah melakukan pembelajaran tatap muka atau offline kendati dengan pembatasan-pembatasan, karena masih adanya Covid-19. Perubahan sistem pembelajaran di sekolah dari offline ke online dan kembali ke offline lagi menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan siswa. Terlebih, pembelajaran yang berubah-ubah menuntut adaptasi berulang bagi semua pihak yang terlibat. Tak terkecuali di SMA Dharma Amiluhur.

 

Sekolah yang berada tak jauh dari Kampus 1 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), di Jalan Wates KM 10 Sedayu Bantul ini telah sepenuhnya menyelenggarakan pembelajaran offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Tantangan perubahan sistem ini menjadikan sekolah memerlukan pendampingan adaptasi teknologi pembelajaran, agar tetap tepat digunakan walaupun pembelajaran sudah tatap muka,” kata Kepala Humas UMBY, Widarta MM dalam rilis ke redaksi koranbernas.id, Sabtu (10/9/2022). Melihat ini, maka tim  Pengabdian den Kemitraan Masyarakat (PkM) UMBY terdiri Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. dan Ichlasia Ainul Fitri, M.Sc. memberikan pelatihan kepada guru SMA Dharma Amiluhur dengan teknologi pembuatan LKS online. “Semoga pelatihan ini memberikan manfaat bagi para guru tersebut,” katanya.

Nafida Hetty Marhaeni  menyampaikan bahwa pelatihan telah dimulai sejak bulan Maret 2022 hingga Agustus 2022. Untuk  teori mengenai LKS dan komponen yang harus ada dalam LKS  disampaikan oleh Ichlasia Ainul Fitri. “Saya memberikan materi mengenai praktik pembuatan LKS dan konversi ke online. Konversi LKS ke online ini menggunakan website liveworksheet,” ujarnya.

Ichlasia Ainul Fitri menambahkan, bahwa setelah pelatihan selesai, tim PkM menyebarkan link google form untuk mengevaluasi dan merefleksikan peranan tim selama kegiatan PkM berlangsung. “Hasilnya, semua guru merasakan manfaat dari pelatihan yang dilaksanakan, materi yang disampaikan oleh tim PkM juga sangat jelas, dan guru dapat langsung mempraktekan pembuatan LKS online tersebut,”  katanya. Pelaksanaan PkM ini telah didokumentasikan oleh sekolah dan di unggah pada akun youtube sekolah https://youtu.be/LNGgz62Ktew.

Nurwantara, Kepala Sekolah SMA Dharma Amiluhur mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat. Apalagi saat ini siswa tidak dapat lepas dari handphone, sehingga LKS yang dibuat online sesuai dengan gaya belajar siswa saat ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada tim PkM UMBY yang setiap tahun selalu memberikan pelatihan di sekolah, mulai dari pembuatan video berbantuan Sparkol VideoScribe, pembuatan e-learning moodle, hingga  pembuatan LKS online,” ujarnya.

Nurwantara berharap pada tahun-tahun berikutnya tim PkM UMBY tetap melakukan  pengabdian di sekolah dengan tema pelatihan yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.