HIMATIKA Ikuti Forum Matematika di Pekalongan

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HIMATIKA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengikuti kegiatan Forum Matematika (FORMAT) 2024, pada 24-26 Mei 2024. Kegiatan yang digelar di  Universitas Pekalongan mengangkat tema “Membangun Generasi Muda yang Produktif Dalam Memimpin Masa Depan Serta Meningkatkan Solidaritas Di Dalam Organisasi”. Pada kesempatan tersebut yang terlibat dari HIMATIKA adalah Ketua HIMATIKA, Yohanes Don Bosko, beserta anggotanya yaitu Salmadhiya Ananda dan Margaret Vinsensia Chelly Weroh.

Acara FORMAT 2024 terselenggara atas kerjasama HIMMAPTIKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika) Universitas Pekalongan dengan IKAHIMATIKA (Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika) Wilayah IV Jateng-DIY. Dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) IKAHIMATIKA terbentuk program kerja Forum Matematika atau biasa disingkat FORMAT. Forum ini bertujuan untuk mewadahi berbagai informasi mengenai organisasi, kegiatan akademik maupun nonakademik sehingga dapat saling berbagai wawasan dan pengalaman.

“Mahasiswa Pendidikan Matematika kami dukung untuk menjalin relasi di kancah nasional melalui berbagai kegiatan seperti Forum Matematika agar dapat memperoleh insight baru dari organisasi lain,” ungkap Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Matematika.

 

Lebih lanjut Nafida menyampaikan melalui bergabungnya mahasiswa Pendidikan Matematika dalam berbagai organisasi akan membantu dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi, kerja sama tim, keterampilan kepemimpinan, kemampuan bernegosiasi, pemecahan masalah secara konstruktif, kemampuan berpikir kritis dan analitis, ketepatan dalam pengambilan keputusan, serta kemampuan beradaptasi terhadap dinamika dalam berorganisasi.

FORMAT 2024 diikuti oleh 15 universitas diantaranya UMBY, UNY, UPS, UPGRIS, UNDIP, UNIKAL, UMS, UMPWR, UNWIDHA, UNUGHA, UIN Salatiga, UIN Saizu, UIN RMS, UIN GusDur, dan UIN Sunan Kalijaga. Berbagai program dalam kegiatan ini dikemas secara menarik, diantaranya sharing program kerja antar himpunan, webinar dengan topik “Literasi Bahasa dan Matematika (Simbiosis Mutualisme Dalam Kurikulum Merdeka)” dengan narasumber Erwan Kustriyono, S.Pd., M.Pd., dosen Pendidikan Bahasa dan Sanstra FKIP UNIKAL, kemudian topik kedua “Keindahan Matematika” menghadirkan pembicara Umi Mahmudah, Ph.D., dosen UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Selain itu, mengadakan pula malam keakraban untuk menjalin keakraban antar himpunan serta ditutup dengan kegiatan outbond.

“Acaranya menarik dan bermanfaat karena dengan berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini dapat mengembangkan keterampilan berorganisasi terutama didukung oleh kegiatan sharing program kerja antar himpunan. Selain itu, kita dapat mengetahui cara memenejemen waktu setiap program kerja yang tidak menganggu jadwal kuliah,” jelas Yohanes, Ketua HIMATIKA UMBY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *