Kuliah Pakar #7. Hadirkan Ketua MGMP Matematika DIY & Pakar Matematika

Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta menyelenggarakan kuliah pakar bertajuk “Matematika Masa Kini Mengubah Problematika Menjadi Peluang Pembelajaran yang Mengasyikkan” pada hari Selasa, 28 Mei 2024 di Ruang Seminar Kampus 1 UMBY. Acara ini menghadirkan dua narasumber ahli yaitu Dr. Andriyani, M.Si. (Kaprodi Pendidikan Matematika UAD) dan Suyatno, S.Pd. Guru Matematika SMA Negeri 8 Yogyakarta sekaligus Ketua MGMP Matematika Provnsi D.I. Yogyakarta. Kedua narasumber membahas bagaimana pendekatan modern dalam matematika dapat merubah cara pandang terhadap masalah menjadi pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan. Acara ini diselenggarakan khusus untuk mahasiswa Pendidikan Matematika UMBY.

“Kuliah pakar merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Matematika UMBY setiap semester. Kami sudah berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa kami dengan kegiatan ini secara bergantian, yaitu pada semeseter genap melalui kuliah pakar dari ahli didalam negeri, sedangkan pada semester gasal melalui kuliah pakar dari ahli dari luar negeri. Pada kuliah pakar sebelumnya, kami telah menghadirkan dosen ahli dari University Cluj-Napoca, Romania, Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia, dan University of Southern Mindanao Phillippines. Sehingga pada semester berikutnya kami akan terus menghadirkan dosen ahli baik dari dalam maupun luar negeri sesuai dengan isu-isu matematika masa kini dan tentunya yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa kami” Ungkap Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika UMBY.

Suyatno, S.Pd., narasumber pertama membuka kuliah dengan membahas pentingnya pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Ia menekankan perlunya mengaitkan materi matematika dengan situasi nyata dapat membantu siswa memahami dan mengaplikasikan konsep dengan lebih baik.

“Sebagai pendidikan Matematika, kita perlu memiliki sikap optimisme bahwa matematika masa kini tidak lagi dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Dengan pendekatan yang inovatif dan relevan, matematika dapat menjadi subjek yang menarik dan bermanfaat bagi semua siswa. Transformasi matematika masa kini harusnya tidak hanya meningkatkan pemahaman matematika, tetapi juga mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan dengan keterampilan yang solid dan pemikiran yang kreatif.” Ungkapnya.

Kemudian narasumber kedua, Dr. Andriyani, M.Si. berfokus dengan bagaimana mengubah problematika-problematika yang ada dalam pembelajaran matematika menjadi suatu karya ilmiah. Ia menekankan isu-isu terkni di era society 5.0 yaitu berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, kreatifitas dan inovasi.

“Melalui problematika yang ada di lapangan, mahasiswa dapat menuangkannya dalam suatu karya ilmiah sehingga hasil yang diperoleh dapat dipublikasikan dan menjadi rujukan. Tentunya dalam penulisannya perlu memahami kaidah-kaidah dalam artikel ilmiah, sehingga saya menekankan pentingnya memahami bagian-bagian dalam tiap artikel tersebut agar tulisan mahasiswa berkualitas” Ungkap Dr. Andriyani, M.Si.

Salah satu mahasiswa tingkat akhir, Fitriasih Eka Destareiza merasa terbantu dengan adanya kuliah pakar ini karena sangat dibutuhkan untuk teman seangkatannya dalam menulis artikel ilmiah yang baik dan benar.

“Saya sangat terbantu dengan event-event kuliah pakar yang rutin diselenggarakan oleh prodi, karena prodi selalu menjawab keresahan dan kebutuhan mahasiswa. Sehingga kuliah pakar ini selalu menjadi event yang mahasiswa nantikan karena memang menjadikan kami memiliki insight dan motivasi baru untuk semakin mencintai matematika” Ungkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *