SMA Muh 1 Yogyakarta Raih Juara 1 High School War

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan Kompetisi High School War pada hari Selasa, 11 Juni 2024 di Ruang Seminar Kampus 1 UMBY. Kompetisi ini diikuti oleh 9 tim dari 8 sekolah di DI Yogyakarta yaitu SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA Negeri 1 Imogiri, SMA Negeri 1 Jetis, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMA Dharma Amiluhur, SMK Negeri 1 Sedayu, MAN 3 Bantul dan SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo.

Yohan, Ketua HIMATIKA FKIP UMBY menjelaskan kompetisi ini terdiri dari 3 babak yang harus dilalui masing-masing tim untuk memperebutkan gelar juara “High School War”. Babak pertama yakni babak penyisihan. Pada babak ini, peserta diberikan 200 soal operasi dasar matematika. Sebanyak 8 tim dengan jawaban salah paling sedikit, maju ke babak Semi Final. Pada babak ini, 8 tim dibagi menjadi 2 grup, masing-masing grup memperebutkan juara 1 sebagai perwakilan grup dengan soal Tebak Bilangan Prima, dimana peserta harus menebak sejumlah bilangan prima dalam kumpulan bilangan acak yang disediakan. Juara dari masing-masing grup menjadi perwakilan yang maju ke babak final, dengan ketentuan tim harus membuat operasi hitung untuk mencapai angka tujuan dari angka yang dibuat sendiri oleh kedua tim.

“Kami berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini, kecintaan siswa terhadap matematika menjadi lebih meningkat dan dapat mensyiarkan bahwa matematika bukanlah suatu subjek yang rumit, melainkan bisa dipelajari dengan asyik,” tambahnya

Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. Kaprodi Pendidikan Matematika UMBY, mengungkapkan rasa bangga atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap kedepan akan semakin banyak kegiatan-kegiatan serupa.

“Kompetisi ini bertujuan untuk mengubah persepi terhadap kompetisi matematika. Bahwa kompetisi matematika bukan hanya dapat dilakukan seperti olimpiade, tetapi juga dapat dilakukan dengan berbasis game yang lebih mengasyikkan,” imbuhnya.

Di akhir, babak final dimenangkan oleh 2 tim yang menang dari babak semifinal. Babak ini untuk menentukan juara 1 dan juara 2. Dalam babak ini, tim dari SMA IT Abu Bakar Boarding School keluar sebagai juara II kemudian juara I diraih oleh tim dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Hadir dalam acara ini Rektor dan Wakil Rektor UMBY untuk memberikan hadiah kepada para pemenang. Masing-masing pemenang memperoleh hadiah berupa piala, sertifikat, dan voucher kuliah hingga 12 juta rupiah di Pendidikan Matematika UMBY.  

 

Akmal, salah satu peserta dari SMA Muh 1 Yogyakarta mengatakan bahwa Lomba ini sangat kreatif dan harapannya diadakan lagi agar sekolahnya bisa mewakili dan bisa sebagai juara lagi. Baginya lomba ini justru malah dapat meningkatkan dan mengembangkan softskill siswa karena banyak karakter yang ditumbuhkan, seperti pembagian tugas tim, strategi komunikasi, kemampuan ketepatan dan kecepatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *