Tingkatkan Kualitas Lulusan, Lima Mahasiswa Pendidikan Matematika UMBY Hasilkan 4 Luaran dari Skripsi

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau FKIP UMBY terus berupaya meningkatkan kualitas lulusannya. Diantaranya, menjadikan skripsi sebagai tugas kuliah yang menyenangkan. Hal ini agar kualitas mahasiswa dapat meningkat.

Ketua Komisi Tugas Akhir Pendidikan Matematika UMBY, Nuryadi, S.pd.Si., M.Pd. mengatakan skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai dikerjakan. Sehingga, mahasiswa perlu memiliki sikap tanggungjawab terhadap skripsi dan attitude yang baik saat bimbingan seperti pepatah yaitu Knowledge is power but character is more.

Senada, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika UMBY, Melania Eva Wulanningtyas, M.Pd. menyampaikan segala proses yang dilakukan untuk memudahkan mahasiswa dalam pengerjaan skripsi telah dilakukan, seperti bimbingan judul skripsi sejak semester enam, tuntutan kepada dosen pembimbing menjadwalkan bimbingan, dan saling bersinergi antara dosen-mahasiswa agar dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu.

Sebagai buktinya, lima mahasiswa Pendidikan Matematika UMBY yaitu Ardhika Fajar RamadhanSevina IndrianiNuthfah FaijahVerra Arischa Kustantina, dan Yulianita Artanti dapat menyelesaikan skripsi kurang dari 4 tahun. Bahkan, mereka telah menghasilkan 4 luaran dari skripsi yang dibuat. 

Luaran tersebut berupa 1 prosiding cetak dari Seminar Nasional, 1 prosiding online dari Multidiscipline International Conference, dan 2 jurnal nasional terakreditasi (Sinta 4 dan Sinta 5). Luaran ini dapat dilihat dan diakses pada akun Google Scholar masing-masing.

“Suatu kebanggaan bagi kami membersamai mahasiswa yang dapat mengikuti ritme bimbingan dengan baik, mau dikejar-kejar deadline, berani menjadi pemakalah seminar nasional dan seminar internasional, bahkan belajar submit dan merevisi jurnal hingga menghasilkan 4 luaran. Kami berharap, mereka dapat menjadi role model bagi mahasiswa lain untuk berjuang menyelesaikan skripsi tepat waktu,” kata Nuryadi dan Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd., Dosen Pembimbing kelima mahasiswa, Senin (13/6/2022).

Adanya sistem bimbingan skripsi yang dilakukan Pendidikan Matematika UMBY memperoleh respons positif dari mahasiswa dan orang tua mahasiswa. 

“Terima kasih saya ucapkan untuk Pendidikan Matematika UMBY yang telah membimbing anak saya sehingga dapat lulus tepat waktu dan mengasilkan 4 luaran dari skripsi. Saya sangat antusias, terharu dan bangga setiap kali mendengar anak saya menunjukkan hasil karyanya di Google Scholar. Semoga Pendidikan Matematika UMBY semakin sukses dan lulusannya semakin berkualitas,” papar ibunda Ardhika Fajar Ramadhan saat menyaksikan Sidang Skripsi pada beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.